Monday, June 1, 2015

Batuk Kering? Atasi Saja Dengan Obat Alami Ini

Perubahan musim, polusi, dan alergi sering menimbulkan gangguan kesehatan, khususnya batuk. Batuk sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh sebagai bagian dari sistem pertahanan terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Namun, bila frekuensinya terlalu sering, batuk juga akan menimbulkan penyakit lainnya, seperti pusing, nafas menjadi sesak, atau sakit di tenggorokan.


Batuk sendiri digolongkan menjadi dua macam, yaitu batuk basah yang banyak mengandung lendir, dan batuk kering.

Jika Anda atau orang terkasih Anda menderita batuk kering, mungkin obat-obat alami di bawah ini dapat membantu meringankan:

Susu Panas plus Madu 
Campurkan satu sendok makan madu ke dalam satu gelas susu hangat. Minumlah setiap kali Anda akan tidur untuk meredakan peradangan di tenggorokan.


Kunyit dan Lada Hitam 
Campurkan satu sendok teh kunyit, satu sendok teh kayu manis, dan satu sendok teh lada hitam bubuk, ke dalam satu gelas air panas. Aduk secara merata dan minum selagi hangat.


Wedang Jahe 
Wedang jahe atau air seduhan jahe juga dapat membantu mengatasi batuk kering. Caranya, rebus potongan jahe dalam panci secukupnya selama kurang lebih satu jam. Tambahkan sedikit gula untuk penambah rasa. Minum dua gelas sehari.


Bawang Merah 
Hirup aroma bawang merah yang telah diiris. Atau campur satu sendok teh bawang merah yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas air hangat. Minum dua kali sehari.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons