Friday, May 8, 2015

11 Makanan Ini Nikmat Bagi Manusia Tapi Tidak Bagi Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan yang banyak dimiliki masyarakat karena kecerdasan dan kesetiaannya. Dalam memelihara anjing, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa apa yang mereka makan dapat juga diberikan kepada anjing. Namun apakah benar anggapan yang demikian?


Ternyata tidak semua makanan yang dapat dimakan manusia juga cocok bagi anjing. Ada beberapa makanan yang justru berbahaya bila dikonsumsi oleh anjing kesayangan Anda, bahkan dapat menimbulkan kematian.

Berikut 11 makanan yang berbahaya bagi anjing: 

1. Kopi 
Kafein yang terdapat di dalam kopi mengandung stimulan yang dikenal dengan nama methylated xanthine. Stimulan tersebut dapat merangsang sistem saraf pada anjing sehingga menyebabkan muntah, gelisah, jantung berdebar, dan bahkan kematian.

2. Bawang 
Bawang mengandung senyawa yang dapat berbahaya bagi anjing. Bawang dapat merusak sel-sel darah merah pada anjing yang menyebabkan mereka menjadi lebih lemah dan malas bergerak. Jika terlalu banyak bawang yang dikonsumsi, maka transfusi darah mungkin diperlukan untuk anjing tersebut.

3. Alkohol 
Meskipun hanya tertelan sedikit, alkohol dapat menyebabkan gangguan yang cukup parah bagi anjing. Anjing bisa saja muntah, kejang bahkan mati.

4. Anggur dan Kismis
Meski belum diketahui kandungan kimia dan senyawa apa saja yang terdapat di dalam anggur dan kismis yang berbahaya bagi anjing, namun dalam beberapa kasus anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal. Gejala yang muncul bervariasi, dan ada kemungkinan tidak muncul gejala apapun. Selain gagal ginjal, anjing juga dapat muntah atau diare dengan keadaan lesu dan lemas. Anggur dan kismis juga dapat menyebabkan dehidrasi dan mengurangi nafsu makan. Kematian akibat gagal ginjal pada anjing ini dapat terjadi dalam waktu tiga sampai empat hari.

5. Hati 
Karena hati mengandung banyak vitamin A, maka organ ini bersifat racun bagi hewan, terutama bila anjing anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan deformitasi (kelainan bentuk) tulang, tidak nafsu makan, dan bahkan kematian meskipun kasusnya jarang terjadi.

6. Garam 
Jika anjing terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin maka keseimbangan elektrolit dalam tubuhnya akan terganggu.

7. Alpukat 
Buah, daun, biji, serta kulit alpukat sebaiknya dijauhkan dari anjing karena mengandung racun yang disebut persin yang dapat menyebabkan sakit perut, kesulitan bernafas, dan penumpukan cairan di dada. Tetapi hal yang paling berbahaya bagi anjing adalah biji alpukat. Tekstur biji alpukat yang licin membuatnya rentan tertelan oleh anjing, yang menyebabkan obstruksi pada saluran pencernaan.

8. Bacon 
Makanan yang kaya lemak, seperti bacon, dapat menyebabkan penyakit pankreatitis pada anjing. Pankreas mereka menjadi meradang dan tidak berfungsi seperti yang seharusnya. Hal ini menyebabkan segala macam masalah dengan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

9. Telur Mentah 
Telur yang masih mentah mengandung enzim bernama avidin yang dapat mengurangi penyerapan biotin (vitamin B), sehingga menyebabkan masalah kulit dan bulu. Telur mentah juga bisa mengandung bakteri Salmonella.

10. Keju dan Produk Susu 
Keju dan produk susu mengandung gula susu dimana anjing tidak memiliki enzim untuk mengurainya sehingga dapat menyebabkan anjing tersebut muntah, diare, dan masalah pencernaan lainnya.

11. Coklat 
Coklat sangat lezat bila dimakan manusia, namun bagi anjing coklat adalah racun karena mengandung stimulan kafein yang biasa dikenal dengan methylated xanthine. Jika tertelan oleh anjing dalam jumlah besar dapat menyebabkan muntah, diare, denyut jantung tidak teratur, kejang bahkan kematian.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons