Friday, May 1, 2015

10 Cara Jitu Hindari Kemandulan Pada Pria

Ketidaksuburan atau infertilitas pada pria yang ditandai dengan menurunnya kuantitas dan kualitas sperma seringkali dikaitkan dengan gaya hidup dan semakin kompleksnya masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.


Selain infertilitas, gangguan kesehatan pada organ intim pria yang saat ini semakin banyak diderita oleh pria usia produktif adalah ejakulasi dini.

Lantas apa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari dua ‘momok’ pria diatas?

Berikut 10 langkah mudah yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

Celana Ketat 


Hindari memakai celana jiins atau apapun yang ukurannya terlalu ketat karena dapat mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan. Lebih baik pilihlah celana yang agak longgar namun nyaman dipakai.

Mandi Air Hangat 


Mandi atau berendam di air hangat mungkin membuat tubuh lebih rileks dan nyaman, namun kebiasaan ini berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma. Sebaiknya jangan terlalu lama berendam di sauna atau kolam air hangat.

Memangku Laptop 


Satu lagi kebiasaan pria yang membawa dampak buruk bagi sperma adalah memangku laptop. Hawa panas yang dikeluarkan laptop dapat merusak, bahkan membunuh sperma.

Handphone 


Menurut penelitian, radiasi yang dikeluarkan handphone berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma. Sebaiknya hindari kebiasaan menaruh handphone di saku celana. Taruhlah handphone Anda di dalam tas atau di atas dashboard mobil.

Arginine 


Arginine sangat baik untuk meningkatkan jumlah sperma dan motilitas (kelicahannya). Arginine adalah jenis asam amino yang ditemukan dalam cokelat, kacang-kacangan, daging, ayam, ikan dan produk susu.

Kopi


Cobalah untuk mengkonsumsi kopi paling tidak 1 gelas per hari karena kopi baik bagi motilitas sperma. Sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil menyebutkan pria yang rutin minum secangkir kopi setiap paginya memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding pria yang tak pernah minum kopi di pagi hari.

Bawang 


Putih Selain kopi, bawang putih juga ternyata sangat baik kualitas dan kuantitas sperma. Kunyahlah 3-4 siung bawang putih agar terhindar dari infertilitas.

Rokok 


Rokok berdampak buruk bagi kesehatan sperma karena kandungan nikotin dan tembakau pada rokok dapat merusak sperma dan mengurangi jumlahnya.

Alkohol 


Alkohol dapat mengurangi produksi testosteron sehingga berpengaruh pada penurunan jumlah sperma.

Stres 


Stres disebut oleh banyak ahli sebagai faktor penyebab gangguan kesuburan. Pada beberapa kasus, stres juga dapat memicu disfungsi ereksi. Karena itu hindari stres dengan menyempatkan waktu berekreasi dengan keluarga atau orang yang Anda kasihi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons