Monday, April 13, 2015

Atasi Stres Dalam 1 Menit


Beban pekerjaan di kantor atau di kehidupan sehari-hari seringkali membuat kita stres. Kita sering merasa pusing dan uring-uringan yang ujung-ujungnya membuat kesehatan jiwa dan jasmani kita menjadi terganggu.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa stres dapat memicu beberapa penyakit serius, seperti depresi, sakit kepala, sakit perut, tekanan darah tinggi, jantung, stroke, insomnia, kanker, dan lain-lain.

Stres mengakibatkan terganggunya sistem kekebalan tubuh dan metabolisme. Stres juga dapat menghambat aliran darah yang membawa oksigen ke otak.

Lalu bagaimanakah cara kita untuk menghindari stres?

Profesor Psikiatri di David Geffen School of Medicine, UCLA, Michael Irwin, Ph.D memberikan tips mudah untuk mengatasi stres, dan hanya membutuhkan waktu 1 menit di sela-sela kesibukan Anda:

60 detik 
Ambil alarm, bisa dari smartphone Anda atau dari manapun. Atur alarm selama 60 detik. Tutup mata Anda dan bernapas dalam-dalam. "Ini meditasi versi kilat yang dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur," kata Irwin.

15 menit 
Regangkan tangan ke depan, atas, dan belakang serta lenturkan punggung. Jaga setiap posisi ini sambil mengambil napas dalam-dalam hingga 15 menit. Lalu akhiri dengan duduk dan bernapas dengan mata tertutup. Peneliti di Australia menemukan, peregangan selama lima belas menit sambil duduk bisa mengurangi stres hingga13 persen lebih.

30 menit 
Lakukan gerakan aerobik selama 30 menit. Sebuah penelitian dari Maryland membuktikan bahwa mengeluarkan keringat saat olahraga dapat melindungi Anda dari dampak negatif stres.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons