Thursday, April 2, 2015

10 Hal Ini Dapat Merusak Liver Anda

Hati atau liver adalah bagian tubuh manusia yang sangat vital terutama dalam pertahanan terhadap racun, atau detoksifikasi.

Liver membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh liver inilah yang disebut proses detoksifikasi.

Selain itu, liver juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi hormon, mempertahankan suhu tubuh dengan menaikkan suhu darah yang mengalir melalui hati, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain, menyimpan vitamin larut lemak (A, D, E, K), vitamin B12, dan mineral, serta masih banyak lagi.

Mengingat fungsi liver yang begitu penting maka penting juga bagi kita untuk menjaga liver agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah dengan menghindari beberapa hal yang dapat merusak liver.

Berikut 10 hal yang dapat merusak liver Anda:

1. MSG (Monosodium Glutamate
MSG banyak digunakan sebagai penyedap rasa. Beberapa studi terhadap hewan menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut menyebabkan radang hati, nonalcoholic fatty liver disease (NAFLD), dan kanker hati.

2. Gula 
Terlalu banyak gula tidak hanya buruk bagi kesehatan gigi, namun berdampak tidak baik juga bagi liver Anda. Fruktosa yang terkandung dalam gula diubah oleh liver menjadi lemak. Terlalu banyak gula menyebabkan penumpukan lemak yang dapat merusak hati, meskipun Anda tidak merasa kelebihan berat badan.

3. Minuman Ringan atau Soft Drink 
Sebuah penelitian terhadap mereka yang menderita NAFLD menunjukkan bahwa 80% penderita mengkonsumsi 2 botol atau lebih minuman ringan per hari. Minuman ringan umumya kaya akan gula atau pemanis buatan yang sangat buruk bagi kesehatan liver.

4. Suplemen Herbal 
Hanya karena label mengatakan "alami" tidak berarti itu aman. Studi menunjukkan beberapa obat herbal dapat menyebabkan hepatitis dan gagal hati. Sebaiknya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memilih obat herbal.

5. Terlalu Banyak Vitamin A 
Vitamin A dapat Anda temukan pada telur dan susu serta buah-buahan dan sayuran segar, terutama yang berwarna merah, oranye, dan kuning. Vitamin A berguna untuk membantu memperbaiki penglihatan, menguatkan tulang, dan memperbaiki sistem imun tubuh. Namun dalam dosis yang sangat tinggi, vitamin A adalah racun bagi hati. Untuk tetap aman, jangan pernah mengkonsumsi Vitamin A lebih dari 10.000 IU per hari.

6. Obat Anti Depresan 
Meski jarang terjadi, tapi beberapa obat anti depresan dapat membahayakan liver Anda, bahkan jika Anda hanya mengkonsumsinya untuk beberapa hari saja. Dalam beberapa kasus, kerusakan liver yang diakibatkan dapat mematikan. Jika Anda membutuhkan obat anti depresan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan Anda mendapatkan dosis terkecil yang Anda butuhkan.

7. Obesitas 
Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas, berusia lanjut, atau memiliki diabetes beresiko tinggi menderita NAFLD. Tidak ada obatnya, tapi mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga kadang-kadang dapat menyembuhkan penyakit.

8. Tato Yang Tidak Steril 
Melakukan tato di tempat yang tidak berlisensi sangat beresiko untuk tertular penyakit seperti hepatitis misalnya. Penyakit ini tertular lewat alat-alat tato yang tidak steril dan dipakai secara bergantian untuk banyak orang.

9. Lemak Trans 
Lemak trans adalah lemak buatan manusia yang umumnya terdapat di makanan kemasan dan makanan yang dipanggang. Makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi tidak hanya menyebabkan kelebihan berat badan tapi juga berbahaya bagi liver. Sebuah studi mengungkapkan tikus yang makan makanan cepat saji tinggi lemak trans mengalami kerusakan liver hanya dalam 4 bulan.

10. Pestisida 
Paparan pestisida pada sayuran, buah-buahan dan makanan yang tercemar juga dapat merusak liver. Pestisida dapat tersimpan dalam liver seumur hidup untuk menyebabkan kerusakan hati.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons