Sunday, March 22, 2015

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Petai yang bahasa ilmiahnya disebut Parkia speciosa bagi sebagian orang dianggap sebagai salah satu makanan yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan bau mulut.

Namun tunggu dulu, tanaman yang termasuk dalam suku polong-polongan ini ternyata memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan.

Simak manfaat petai bagi kesehatan di bawah ini:

Menurunkan Tekanan Darah 
Petai mengandung Kalium yang lumayan tinggi namun rendah garam, sehingga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan FDA (Food and Drug Administration), Badan POM-nya Amerika Serikat, mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi tentang kekuatan dan manfaat petai untuk menurunkan tekanan darah dan stroke.

Menurunkan Resiko Stroke 
Karena efek positif dari petai untuk menurunkan tekanan darah, maka berdasarkan riset, makan petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari dapat menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

Menetralkan Luka Lambung 
Petai dapat menetralkan asam lambung serta mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan di dalam lambung.

Menghindari Depresi 
Petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan membantu memperbaiki mood.

Mengobati Mabuk 
Salah satu cara efektif untuk mengurangi mabuk adalah dengan mengkonsumsi petai dicampur dengan susu dan madu. Petai dapat menenangkan perut, madu berfungsi untuk menambah gula, sedangkan susu berfungsi untuk memperbaiki cairan tubuh.

Obat Mual Pagi 
Bila Anda merasakan mual pada pagi hari, konsumsilah petai untuk menjaga kandungan gula serta menghindari muntah.

Mengatasi Gigitan Serangga 
Petai terbukti menghilangkan gatal dan bengkak akibat gigitan serangga. Coba olesi bagian tubuh Anda yang terkena gigitan serangga dengan bagian dalam kulit petai.

Mengatasi Pre Menstrual Syndrome (PMS) 
Untuk wanita, kandungan vitamin B6 pada petai bisa mengatur kandungan gula darah yang bisa menolong mood.

Mengurangi Stress 
Salah satu efek dari stress adalah menurunnya kandungan kalium dalam tubuh akibat meningkatnya metabolime tubuh. Atasi hal ini dengan mengkonsumsi petai yang tinggi kalium.

Membantu Pencernaan
Petai yang tinggi serat sangat baik bagi untuk memperlancar pencernaan Anda.

Membantu Berhenti dari Rokok 
Vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium yang terkandung dalam petai dapat menolong tubuh dalam proses untuk berhenti dari nikotin.

Mencegah Anemia 
Petai mengandung zat besi yang tinggi, sehingga membantu merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Konsumsilah petai jika Anda mengalami gejala kurang darah atau anemia.

Mengatasi Maag 
Petai juga dapat digunakan sebagai makanan untuk penderita gangguan lambung karena bersifat lembut. Petai adalah satu-satunya buah yang boleh dimakan mentah oleh penderita maag kronis. Buah ini mampu menetralkan kelebihan asam, dan akan mengurangi iritasi dengan memberi lapisan dinding lambung.

Meningkatkan Nafsu Makan 
Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, maka petai mungkin dapat membantu Anda. Banyak orang telah membuktikan bahwa selera makan mereka meningkat jika makan dengan tambahan petai.

Obat Cacing 
Kandungan belerang dan tanin didalam petai sangat efektif untuk membunuh cacing di dalam perut.

Obat Awet Muda 
Kandungan protein yang tinggi dalam petai dipercaya dapat membantu meregenerasi kulit. Petani petai di Indonesia bahkan telah mengekspor petai ke Jepang untuk dijadikan bahan kosmetik.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons