Thursday, March 19, 2015

Anda Ingin Mengetahui Berapa Lama Lagi Umur Anda? Lakukan Sitting Rising Test!

Setiap orang pasti akan berusaha agar tetap sehat dan memiliki umur panjang. Olahraga secara teratur dan menjaga pola makan menjadi aturan umum untuk selalu dijaga agar tetap sehat. Namun tahukah Anda sampai dimana umur Anda?

Seorang dokter dari Brazil, Dr. Claudio Gil Araujo, MD, PhD, memperkenalkan sebuah test yang dinamakan Sitting Rising Test (SRT) yang dapat memprediksi resiko kematian seseorang dalam lima tahun ke depan.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyilangkan kaki Anda terlebih dahulu, dan silahkan Anda duduk bersila tanpa bantuan anggota tubuh Anda yang lain. Setelah itu berdirilah kembali, juga dengan tanpa bantuan apapun.

Sitting Rising Test dapat mengukur skala antara 1 sampai 10, dan seberapa cepat kita melakukannya tanpa alat bantu.

Skor Anda 10 bila Anda dapat duduk dan berdiri tanpa bantuan apapun dan tanpa kehilangan keseimbangan. Nilai 10 tersebut akan berkurang 1 setiap Anda menggunakan bantuan tangan, lengan, lutut, atau kaki Anda. Jika Anda kehilangan keseimbangan, nilai Anda akan berkurang 0,5.


Dr. Claudio Gil Araujo, MD, PhD adalah seorang dokter spesialis olahraga dan bekerja di Clínica de Medicina do Exercício – Clinimex, di Rio de Janeiro, Brazil untuk mendampingi pasien-pasien penyakit jantung.

Test ini diperkenalkan oleh Dr. Claudio setelah dia menemukan banyaknya pasien yang dapat melewati test fisik berupa bersepeda dan berlari di atas treadmill namun mereka sangat kesulitan bila harus mengikat tali sepatunya sendiri.

"Many of them are able to bike or to run on a treadmill, but if you asked them could you tie your shoes, it's pretty difficult to do that. We realized not only aerobic fitness is important. You also need other things for your life: strength, flexibility, balance”, demikian kata Dr. Claudio kepada USA Today.


Dari skor yang dicapai, tes tersebut dapat mengetahui seberapa pengaruhnya kesehatan kita untuk 5 tahun kedepan.

Namun Dr. Claudio menyarankan jika seseorang memilki kondisi lutut atau pinggul yang kurang baik, sebaiknya jangan melakukan test ini.

 Saat melakukan test ini juga disarankan untuk menggunakan matras, memakai pakaian yang nyaman, dan melepas alas kaki atau sepatu Anda terlebih dahulu.

Penelitian Dr. Claudio ini telah dipublikasikan di berbagai jurnal kesehatan di Amerika dan Eropa.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons