Sunday, March 15, 2015

6 Langkah Jitu Agar Sperma Lebih Subur

Menurut National Institutes of Health, sepertiga dari masalah kesuburan pasangan suami istri adalah terletak pada sperma suami. Lantas apa yang harus dilakukan agar sperma dapat lebih subur?

Ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan para suami agar spermanya lebih kuat, cepat, dan subur disamping mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter. Berikut beberapa diantaranya:

1. Rajin Berolahraga 
Sebuah penelitian dari Harvard University mengungkapkan bahwa pria yang rajin berolahraga mempunyai sperma 33 persen lebih banyak ketimbang yang malas olahraga. Hal ini dikarenakan olahraga dapat membakar lemak sekaligus menambah kadar hormon testosteron yang dimiliki pria.

2. Batasi Penggunaan Gadget 
Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kebiasaan memangku laptop atau terlalu seringnya menggunakan ponsel dapat menurunkan mobilitas dan kecepatan sperma. Hal ini disebabkan karena pengaruh gelombang elektromagnetik dan suhu yang dipaparkan. Padahal untuk ‘sukses’ membuahi sel telur, sperma harus lincah dan cepat.

3. Hindari Makanan Beradikal Bebas 
Makanan yang mengandung radikal bebas dapat mengakibatkan sperma menjadi cacat. Karena itu hindari makanan-makanan tersebut dan mulailah beralih ke makanan sehat, khususnya yang mengandung lycopene, seperti pepaya, semangka, tomat, atau wortel.

4. Pintar-Pintar Memilih Pelumas 
Salah satu faktor yang membantu terjadinya pembuahan adalah dengan menjaga agar sperma bisa bertahan hidup dalam waktu lama. Dan ini ditentukan oleh pelicin atau pelumas yang Anda pakai. Jangan terkecoh dengan pelumas yang bertuliskan 'all natural' sekalipun, karena ini bisa saja mengandung bahan-bahan kimia yang dapat meracuni sperma. Lebih baik berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda.

5. Kelola Stress 
Stres dapat mengganggu hormon tertentu yang diperlukan untuk memproduksi sperma. Stres juga dapat menurunkan fungsi seksual seorang pria.

6. Menjaga Kolesterol 
Terlalu banyak lemak tubuh dapat mengganggu produksi hormon reproduksi, yang dapat mengurangi jumlah sperma Anda dan meningkatkan persentase jumlah sperma menjadi abnormal. Seseorang kemungkinan besar akan menghasilkan sperma berkualitas tinggi jika ia dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons