Wednesday, March 11, 2015

1001 Manfaat Buah Sirsak Untuk Tangkal Kanker

Buah Graviola (Annona Muricata) atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama buah Sirsak, disamping rasanya manis dan nikmat sekali bila dibuat menjadi minuman jus, juga ternyata mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan penyakit kanker.

Berikut beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan khasiat buah sirsak:

Kanker Payudara 
Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak buah graviola berhasil menghambat pertumbuhan gen yang secara langsung mengungkapkan pertumbuhan sel ( EGFR) yang sering pada kanker payudara.

Kanker Paru 
Sebuah penelitian di Jepang yang dilakukan pada hewan di laboratorium menemukan bahwa annonacin (acetogenin) yang terkandung pada buah sirsak bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di paru seperti halnya adriamycin.

Kanker Pankreas 
Satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Letters menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak yang mengandung acetogenin dapat membantu menurunkan produksi ATP sehingga sel-sel kanker mati namun tidak mempengaruhi sel-sel sehat.


Diabetes 
Selain sebagai penangkal kanker, buah sirsak juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lainnya. Sebuah studi di Nigeria mengungkapkan bahwa ekstrak daun graviola secara signifikan mengurangi konsentrasi glukosa darah pada hewan percobaan, mungkin meningkatkan efek insulin dan adrenalin. Namun belum ada percobaan pada manusia, oleh karena itu penggunaannya belum dapat direkomendasikan

Darah Tinggi 
Penelitian telah menunjukkan graviola mengurangi tekanan darah, vasodilator (memperlebar pembuluh darah), dan cardiodepressant (penurunan denyut jantung ).

Obat Analgesik dan Anti-Inflamasi 
Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences pada hewan percobaan menemukan bahwa buah sirsak berperan sebagai analgesik dan anti-inflamasi. Terlepas dari banyaknya manfaat buah sirsak, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda bila akan menggunakan buah sirsak sebagai terapi penyakit apapun.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons