Sunday, October 5, 2014

Virus HIV AIDS Tidak Bisa Disebarkan Nyamuk

Banyak orang yang beranggapan dan mempunyai pertanyaan bahwa nyamuk dapat menyebarkan virus HIV AIDS seperti halnya Malaria dan Demam Berdarah. Apakah memang benar nyamuk dapat menjadi perantara penyebaran virus mematikan tersebut?

Meskipun nyamuk dapat menularkan beberapa penyakit melalui gigitannya namun berbeda keadaanya dengan virus HIV AIDS.

Virus HIV tersebar bukan melalui Hemoglobin (sel darah merah), tapi di Leukosit (sel darah putih). Berbeda dengan Malaria yang memang berkembang dalam sel darah merah.

Virus HIV sangat tergantung pada sel T yang terdapat dalam darah manusia. Sel T merupakan salah satu anggota kelompok sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Saat nyamuk menghisap darah penderita HIV positif, virus akan masuk ke sistem pencernaan nyamuk. Disini tidak ada sel T manusia yang menyebabkan virus tersebut akan mati. Berbeda halnya dengan jarum suntik yang bisa membuat sel-sel darah manusia (termasuk sel T) terperangkap dan bertahan dalam beberapa jam. Hal ini membuat virus HIV bisa berkembang biak dan kalau jarum yang sama disuntikkan ke orang lain bisa menyebabkan terjadinya penularan.

Alasan lain mengapa nyamuk tidak bisa menularkan virus HIV adalah karena partikel virus yg dihisap dari penderita HIV positif jumlahnya tidak banyak. Struktur alat hisap nyamuk sangat kompleks dan berbeda dengan struktur jarum suntik, sehingga perkembangan virus HIV tidak memungkinkan.

Riset dari Centers for Disease Control and Prevention Amerika di daerah dengan jumlah kasus AIDS yang banyak dan populasi nyamuk yang juga banyak, tidak menunjukkan adanya bukti penularan HIV oleh nyamuk. Riset dan observasi CDC terhadap perilaku menggigit nyamuk juga mendukung bahwa kemungkinan transmisi virus HIV tidak memungkinkan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons