Wednesday, October 15, 2014

5 Kota Tersehat di Dunia

Dampak dari kemajuan jaman salah satunya adalah makin banyaknya daerah industri yang dibangun di suatu negara. Makin banyaknya penduduk juga makin mengurangi ruang terbuka hijau dan menambah jumlah kendaraan bermotor. Lantas apa yang menjadi kriteria bahwa suatu kota dikatakan sehat?

Beberapa faktor yang harus dipenuhi bila kota ingin disebut sehat antara lain, ruang hijau yang luas, ketersedian fasilitas kesehatan yang memadai, hingga angka harapan hidup yang tinggi.

Berikut 5 kota tersehat, yang dipublikasi oleh The Guardian dan The Economist:

1. Singapura 
Angka kematian bayi terendah dan harapan hidup tertinggi di dunia, yakni 84,07 tahun membuat Singapura masuk daftar teratas 5 kota tersehat di dunia. Sistem perawatan kesehatan di Singapura juga dinilai paling efisien di seluruh dunia. Hingga 80 persen penduduk menggunakan sistem kesehatan masyarakat dengan beberapa tingkatan harga yang berbeda.

Peraturan dan hukuman yang ketat soal kebersihan dengan melarang meludah dan membuang sampah sembarangan membuat Singapura menjadi juga salah satu kota terbersih di dunia.

2. Tokyo 
Mungkin agak terdengar janggal bila salah satu kota termodern di dunia ini masuk dalam lima besar kota tersehat di dunia. Dengan salah satu sistem angkutan paling efisien di dunia, emisi gas rumah kaca Tokyo lebih rendah daripada kebanyakan kota-kota Asia lainnya. Menurut Bank Dunia, CO2 yang dikeluarkan per kapita Tokyo adalah 4,89 ton, sementara Beijing adalah 10,8 ton, dan Singapura 7,86 ton.

Dalam peringkat The Guardian tahun 2012, Tokyo berada di posisi teratas sebagai kota sehat kedua di dunia, dengan harapan hidup mencapai 84,19 tahun.

3. Copenhagen 
Ibukota Denmark ini berada di puncak daftar kesehatan global karena budaya bersepeda dan penurunan besar dalam emisi CO2 selama dekade terakhir. Emisi gas rumah kaca turun 20 persen sejak tahun 2005.

Setiap hari 50 persen dari penduduk Copenhagen pergi bekerja atau sekolah dengan sepeda, dan ada hampir 400 km jalur sepeda di seluruh kota.

4. Monaco 
Monaco adalah negara paling padat penduduk di dunia dan memiliki harapan hidup tertinggi, yaitu 89,6 tahun. Monaco juga menempati posisi 13 sebagai kota tersehat di dunia dunia versi WHO tahun 2000.

5. Perth 
Kota di Australia ini masuk peringkat 10 besar sebagai kota paling layak huni tahun 2013 berdasarkan the Economist Intelligence Unit (EIU). Peringkat EIU didasarkan pada lima kriteria, yaitu stabilitas, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan budaya, serta lingkungan.

Perth juga merupakan salah satu kota tersehat di Australia untuk perempuan. Menurut majalah Australian Women’s Health, Perth berada di daftar posisi atas untuk kebiasaan makan sehat, kesejahteraan mental, kepuasan hidup dan kesehatan medis.

Antara tahun 1998 dan 2009, jumlah pesepeda di Perth meningkat sebesar 450%. Dan Transperth, sistem transit kota, telah dipasangi penampungan sepeda di banyak stasiun, sehingga penumpang kereta pun bisa mengunci sepedanya dengan aman.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons