Saturday, August 30, 2014

Gejala Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS)

Boomingnya fenomena Ice Bucket Challenge yang melanda seluruh dunia membuat berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa, selebritis, olahragawan, hingga para pejabat tinggi dunia larut dalam acara mandi air es ini.

Ice Bucket Challenge sebenarnya diadakan untuk menggalang dana bagi penanggulangan penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Amyotrophic Lateral Sclerosis atau yang juga sering disebut Motor Neurone Disease (MND), atau penyakit Lou Gehrig ini adalah penyakit penurunan fungsi saraf motorik yang progresif, atau makin lama makin luas dan buruk.

Gejala ALS sekilas hampir sama dengan stroke, namun berbeda. Berikut Gejala Amyotrophic Lateral Sclerosis yang umum terjadi:

1. Mudah Lelah 
Penurunan fungsi otot membuat penderita merasa sangat mudah lelah yang kemudian bertambah parah menjadi tidak bisa melakukan kegiatan fisik sama sekali.

2. Sulit Berjalan 
Bila ALS mulai menyerang otot kaki, pasien akan mengalami kesulitan dalam berjalan, bahkan untuk jarak yang sangat dekat.

3. Sulit Mengangkat Tangan 
Selain mengalami sulit berjalan, penderita ALS juga akan sulit mengangkat tangan mereka. Hingga akhirnya pada stadium akhir, mereka akan mengalami kelumpuhan parsial.

4. Sulit Menelan 
Penderita ALS juga akan mengalami kesulitan menelan. Hal ini terjadi karena otot-otot diafragmanya mulai melemah.

5. Sulit Berbicara 
Pada stadium akhir penyakit ini, kebanyakan pasien ALS tidak mampu berbicara sama sekali. Mereka akan mengalami gangguan menebalnya lidah hingga gangguan berbicara secara permanen.

6. Kejang Otot
Gejala umum yang sering dialami oleh pasien ALS adalah kejang otot. Kejang otot ini sering terjadi dan terasa sangat menyakitkan.

7. Tidak Bisa Bernafas 
Gejala tidak bisa bernafas inilah yang sangat fatal dan membuat banyak pasien ALS meninggal dunia.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons