Saturday, August 23, 2014

Cara Pintar Usir Perut Buncit

Perut yang terlalu maju ke depan alias perut buncit selain menggangu penampilan seseorang juga sangat rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan serius.

Beberapa penyakit yang mengintip seseorang dengan perut buncit diantaranya tekanan darah tinggi, jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, kekebalan insulin, dan lain-lain.

Karena itu bagi Anda yang mempunyai perut buncit segeralah mengusirnya dengan beberapa cara cerdas berikut ini:

1. Turuti Saja Keinginan Tubuh 
Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika seseorang mengikuti apa keinginan tubuhnya saat lapar, ia justru cenderung makan lebih sedikit dalam jangka waktu tertentu. Namun pastikan porsinya tidak berlebihan.

2. Porsi Makan Diatur 
Asisten profesor nutrisi di University of Illinois, Chicago, Krista Varady menemukan orang yang mengurangi porsi makan hariannya hingga 25 persen, berat badannya berkurang hingga 15 kg dalam 8 minggu.

3. Mengkonsumsi Lemak Sehat 
Profesor Mehmet Oz, M.D dari Colombia University mengungkapkan bahwa diet rendah lemah tidak akan mengusir perut buncit. Yang benar adalah makanlah lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat. Ganti juga nasi putih Anda dengan roti gandum murni.

4. Jangan Tidur Berlebihan atau Kurang Tidur 
Terlalu banyak tidur membuat tubuh kurang bergerak, sedangkan kurang tidur membuat metabolisme tubuh terganggu sehingga pembakaran lemak juga terganggu. Keduanya tidak sehat untuk perut Anda.

5. Stop Minuman Bersoda
University of Texas yang telah melakukan studi selama kurang lebih 10 tahun menemukan bahwa orang yang rutin minum soda diet justru menjadi gemuk lebih cepat ketimbang yang tidak minum. Hal ini disebabkan pemanis buatan dalam soda membuat perut lebih cepat buncit dan membuat rasa lapar lebih mudah datang. Gantilah minuman ini dengan teh atau air putih.

6. Pilih Gula Yang Tepat 
Makanan mengandung gula yang Anda konsumsi, seperti keripik dan roti kering, sebagian besar kalorinya yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi lemak perut. Lebih baik pilihlah gula alami yang terkandung di dalam buah atau madu.

7. Olahraga Tidak Harus Keras, Tapi Cerdas 
Olahraga tidak harus berlebihan. Pilihlah olahraga yang Anda rasa menyebabkan kontraksi pada perut sehingga perut lebih kencang dan mengusir perut buncit.

8. Jangan Hanya Sit-Up 
Ingat, sit-up tidak menghilangkan lemak di perut, hanya menguatkan otot perut saja. Lakukan latihan menyeluruh di otot besar lainnya seperti kaki, bahu, dada dan lainnya agar proses pembakaran lemak lebih maksimal.

9. Perbanyak Latihan Kardio 
Jika Anda sudah menguatkan otot besar dengan latihan beban, maka latihan kardio bisa mempercepat proses pembakaran lemak. Lari atau aerobik sangat membantu membakar kalori berlebih, namun harus diimbangi dengan membatasi lemak buruk yang dikonsumsi.

10. Hindari Stres 
Stress menyebabkan kinerja berbagai jaringan dan sel tubuh menjadi terganggu. Biasanya stress juga menyebabkan gangguan tidur, dan memicu kita untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan. Hindari stress dengan melakukan hobi kesukaan Anda atau berkumpul bersama keluarga.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons