Friday, May 9, 2014

Bahaya Lain Dari Rokok


Efek negatif dari rokok mungkin sudah ribuan kali dibahas di berbagai media, baik televisi, radio, media cetak, bahkan internet. Telah ribuan ahli juga yang telah memaparkan bagaimana rokok membawa dampak yang sangat merusak bagi penikmatnya.

Sebagian besar negara Barat mulai menyadari hal tersebut dan mulai meninggalkan asap rokok, namun untuk beberapa negara di Afrika dan Asia rokok masih menjadi benda yang populer di masyarakat.

Berikut beberapa efek menakutkan dari rokok yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Rokok Cemari Paru-Paru
Asap rokok yang terhisap otomatis akan masuk ke dalam paru-paru dan menimbulkan bercak kehitaman di sekitar dinding paru-paru. Bercak tersebut biasa ditemukan pada paru-paru perokok.

Profesor Dame Sally Davies, Kepala Biro Kesehatan Inggris, mengatakan bahwa satu dari dua perokok meninggal lebih cepat akibat penyakit yang ditimbulkan oleh rokok. "Namun jangan khawatir, jika Anda berhenti merokok, dalam lima tahun resiko stroke yang Anda alami akan sama dengan mereka yang tidak merokok”.

2. Rokok Cemari Pembuluh Darah 
Setelah masuk kedalam paru-paru, zat racun yang terkandung dalam rokok akan terbawa oleh pembuluh darah.

“Bahaya rokok memang tidak terlihat namun dapat dirasakan”, ujar Professor Kevin Fenton dari Public Health England.

3. Rokok Cemari Jantung 
Setelah racun dari rokok masuk ke dalam pembuluh darah, menuju jantung, dan kemudian racun-racun tersebut dipompa oleh jantung bersama darah menuju ke seluruh jaringan tubuh.

Joe Korner dari Stroke Association mengatakan bahwa perokok memiliki resiko dua kali lebih besar untuk menderita stroke. Stroke adalah penyebab terbesar kematian dan disabilitas pada orang dewasa.

4. Racun Masuk ke Dalam Otak 
Racun di dalam pembuluh darah yang dipompa oleh jantung sebagian juga menuju otak dan masuk ke dalam sistem saraf otak.

“Dari pertama kali dihisap, nikotin dapat langsung mencapai otak hanya dalam waktu 20 detik,” ujar Dr dr Nurmiati Amir, SpKJ, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

5. Racun Bersarang di Otak 
Setelah masuk ke dalam otak, racun akan bersarang di sana dan meningkatkan resiko alzheimer dan dementia.

Dr Gareth Hagger-Johnson dari University College London menjelaskan,”Penurunan kemampuan kognitif dan ingatan seseorang akan lebih cepat jika ia perokok. Penelitian kami membuktikan bahwa pada perokok, penurunan tersebut 38 persen lebih cepat daripada yang tidak merokok”.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons