Tuesday, March 11, 2014

Hati-Hati dengan Warna Kuning


Apakah Anda penggemar warna kuning? Apakah baju dan barang-barang Anda sebagian besar berwarna kuning? Jika benar, maka Anda harus memikirkannya kembali karena sebuah studi mengungkapkan bahwa warna kuning berhubungan dengan gangguan kesehatan yang cukup serius.

Menurut temuan awal dari studi peer-review, jejak polychlorinated biphenyl (PCB), khususnya PCB-11, telah ditemukan dalam pewarna kuning pakaian dan barang cetakan, sehingga dapat meningkatkan resiko kesehatan pada orang-orang yang terpapar.

PCB-11 adalah bagian dari bahan kimia beracun yang digunakan dalam aplikasi industri seperti listrik, pemindah panas, plastik, dan produk karet. Meskipun pigmen kimia ini sempat dilarang oleh Toxic Substances Act pada tahun 1979, namun penggunaannya dalam tingkat sangat rendah masih diperbolehkan.

PCB-11 dianggap mungkin menjadi karsinogen karena diketahui dapat menyebabkan kanker pada hewan, namun buktinya bagi manusia belum konklusif. Meskipun begitu, The Center for Disease Control and Prevention mengungkapkan bahan kimia ini telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi, misalnya cacat lahir, iritasi, kanker, dan masalah perkembangan pada anak.

Dalam sebuah penelitian terbaru, tim ilmuwan dari Rutgers University berusaha mengungkap bahan atau produk konsumen yang paling banyak memiliki PCB-11. Bahan yang diuji di antaranya 16 potong pakaian kuning, 28 sampel produk kertas, termasuk kartu pos dan serbet yang terkena noda tinta.

Temuan menunjukkan 100 persen dari 16 sampel pakaian mengandung PCB-11, sementara 26 dari 28 sampel kertas juga positif mengandung bahan tersebut. PCB-11 juga ditemukan dalam sebagian besar kemasan makanan kantong plastik di seluruh dunia.

Bahan kimia PCB juga bisa masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, udara yang kita hirup, atau kontak dengan kulit.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Environmental Science & Technology.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons