Tuesday, January 28, 2014

6 Benda Paling Berbahaya di Dalam Tas Wanita

Wanita identik dengan tas”. Mungkin ungkapan ini ada benarnya karena dimanapun kita melihat seorang wanita sedang berjalan, pasti ada tas yang menemaninya. Mulai dari tas yang harganya murah dan bentuknya biasa-biasa saja, hingga tas yang harganya bisa mencapai puluhan juta.

Tas-tas tersebut biasanya berisi segala macam benda dan pernik-pernik yang berhubungan dengan wanita. Namun tahukah Anda bahwa benda-benda tersebut ternyata cukup membahayakan bagi kesehatan. Benda-benda apa sajakah itu?

1. Hand Sanitizer 
Hand sanitizer memang bermanfaat untuk membersihkan tangan, namun yang perlu diingat adalah adanya benzalkonium klorida yang terkandung di dalam hand sanitizer. Benzalkonium klorida adalah bahan aktif di dalam hand sanitizer yang bisa mengakibatkan asma karena zat itu adalah senyawa asthmogen. Pewarna dan pewangi dalam hand sanitizer juga diketahui dapat memicu alergi. Lebih baik pilihlah hand sanitizer yang bebas pewarna, alkohol, dan pewangi.

2. Lip Balm 
Beberapa lip balm diketahui mengandung parabens yang dikenal sebagai pengacau hormon dan jika terkontaminasi dengan hidrokarbon bisa merusak sistem saraf. Selain itu, di dalam lip balm kadang juga mengandung retinol palmitat yang bisa menghasilkan senyawa yang berpotensi karsogenik jika terpapar cahaya. Sebaiknya, carilah lip balm yang bebas parabens, minyak bumi, retinol palmitat, wewangian sintetis, dan tabir surya kimia. Pilih saja lip balm dengan avobenzone serta gunakan tabir surya fisik yang bisa menangkal radikal bebas dari UVA dan UVB.

3. Parfum 
Beberapa bahan kimia di dalam parfum diketahui dapat memicu alergi. Juga phthalates yang diketahui bisa melemahkan androgen pada pria yang berkaitan dengan infertilitas dan cacat lahir pada janin. Oleh karena itu, pilihlah parfum yang terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami meskipun beberapa bahan kimia dalam pembuatan parfum sulit dihindari, misalnya alkohol.

4. Botol Minum Plastik
Terkadang kita tidak sadar bahwa botol air minum dari plastik bila kita pakai secara berulang-ulang dapat membahayakan kesehatan, apalagi bila botol tersebut terpapar sinar matahari. Lebih baik pilihlah botol minum yang terbuat dari kaca atau aluminium yang memang aman meskipun dipakai berkali-kali.

5. Struk Belanja 
Selain tas, seorang wanita juga tidak lepas dari kegiatan belanja. Struk belanja yang didapat dari kasir terkadang terbuat dari kertas dengan tekstur yang agak mengkilap. Kertas dengan jenis ini diketahui mengandung Bisphenol A (BPA). Zat tersebut bisa terserap melalui kulit dan akan banyak dosis yang terserap jika Anda menyentuhnya dengan jari. Sebuah penelitian pada hewan berhasil menemukan hubungan antara resiko obesitas, diabetes, kanker, dan infertilitas mengingat BPA bisa mengganggu endokrin dan mengacaukan sistem metabolisme serta hormonal.

6. Smartphone 
The International Agency for Research on Cancer mengatakan bahwa aktivitas eletromagnetik dari ponsel bisa bersifat karsinogen bagi manusia. Dalam percobaan in-vitro di Gazi University, Turki, mengungkapkan bahwa paparan radiasi gelombang mikro di ponsel bisa membuat sel kanker payudara empat kali tumbuh lebih cepat dan mematikan sperma tiga kali lebih cepat. 50 menit penggunaan ponsel juga dapat menyebabkan peningkatan glukosa yang signifikan di daerah otak yang dapat memicu Alzheimer. Disarankan untuk membatasi pembicaraan langsung via ponsel di dekat telinga, dan lebih banyak menggunakan fasilitas sms, chatting, atau speaker.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons