Friday, November 1, 2013

Cara Makan Mie Instan yang Sehat

Mie Instan adalah salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain harganya yang murah, rasa yang beraneka ragam, penyajian mie instan juga sangat mudah dan tidak terlalu banyak menyita waktu.

Namun bila dilihat dari sisi kesehatan, mengkonsumsi mie instan ternyata kurang baik bagi kesehatan, apalagi bila salah dalam penyajiannya.

Seperti kebanyakan mie pada umumnya, mie instan terbuat dari tepung yang merupakan sumber karbohidrat. Semakin diproses, sebuah sumber karbohidrat akan makin berkurang tingkat kesehatannya. Seperti halnya mie instan yang terbuat dari terigu, tepung yang diproses.

Selain itu, di dalam kemasan mie instan terdapat terdapat bumbu dan minyak yang membuat mie instan enak rasanya. Kebanyakan garam, penyedap, dan lemak ini tentunya merugikan kesehatan. Terlalu banyak bumbu mie instan dan penyedap bisa membahayakan tekanan darah karena keduanya sama-sama sumber natrium.

Agar mengkonsumsi mie instan lebih sehat, sebaiknya yang pertama kurangilah bumbu dan minyaknya. Bumbu harus dikurangi agar asupan natrium yang berlebihan bisa dihindari. Minyak bumbu mie instan pun harus dikurangi untuk mengurangi asupan lemak.

Kedua, tambahkan sumber zat gizi lain seperti sayuran dan sumber protein agar pasokan gizi ke dalam tubuh menjadi lebih komplit karena mie instan hanya menyediakan karbohidrat bagi tubuh. Sumber protein seperti telur mungkin yang paling mudah untuk Anda tambahkan ke dalam mie instan.

Ketiga, yang perlu Anda ingat adalah mie instan mengandung pengawet makanan sehingga mie dapat bertahan lama di pasaran. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya air rebusan mie instan harus dibuang hingga bersih. Khusus mie instan yang dikonsumsi dengan kuah, sebaiknya rebuslah mie dua kali. Buanglah air rebusan yang pertama hingga bersih, kemudian gantilah dengan air yang baru. Air yang baru inilah yang digunakan sebagai kuah untuk dikonsumsi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons