Thursday, October 24, 2013

Kenali Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyebab kematian utama bagi wanita di seluruh dunia. Gejala kanker payudara sebenarnya bisa dideteksi oleh setiap wanita tanpa perlu pergi ke dokter. Semakin cepat deteksi kanker, semakin tinggi kesempatan untuk bertahan hidup.

Berikut ini lima gejala yang terdapat pada payudara yang terindikasi terkena kanker payudara:

1. Terdapat Benjolan 
Meski belum tentu ganas dan tidak bersifat kanker, namun sebaiknya segeralah periksakan ke dokter bila Anda merasakan benjolan di payudara, sekitar payudara, hingga ketiak.

2. Infeksi atau Memerah 
Kanker payudara kadang menimbulkan tanda-tanda infeksi atau kondisi memerah pada payudara. Meskipun jarang, namun payudara yang infeksi atau bengkak perlu dilakukan pemeriksaan dokter lebih lanjut.

3. Perubahan Puting Payudara 
Perubahan pada puting payudara juga perlu diwaspadai. Jika puting payudara masuk terdorong ke dalam atau ada cairan selain susu yang keluar dari sana, sebaiknya segeralah lakukan tes ke dokter untuk mengetahui penyebab yang sebenarnya.

4. Perubahan Kulit 
Selain perubahan puting payudara, kanker payudara juga membawa perubahan pada kulit payudara. Jika kulit payudara tampak seperti kulit jeruk, maka jangan ragu untuk segera menanyakannya pada dokter.

5. Ukuran dan Bentuk Payudara 
Kanker payudara juga bisa mengubah bentuk dan ukuran payudara. Jika merasa bentuk dan ukuran payudara berubah, segeralah hubungi dokter.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons