Monday, October 14, 2013

5 Langkah untuk Mengetahui Apakah Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu keadaan dimana tubuh kehilangan banyak cairan akibat berkeringat terlalu banyak, diare, muntah-muntah, atau demam. Dehidrasi dapat terjadi pada siapa saja dan bila tidak segera ditangani dapat berakibat fatal, hingga kematian.

Lalu bagaimana cara kita mengenali kalau tubuh kita mulai kekurangan cairan?

Langkah 1 
Cek warna urine. Bila urine Anda berwarna gelap atau kuning berarti Anda mengalami dehidrasi. Bila Anda tidak buang air kecil sama sekali selama delapan jam dan urine berwarna gelap, itu artinya Anda sudah mengalami dehidrasi yang berat dan harus mendapat penanganan medis secara cepat.

Langkah 2 
Kehausan. Bila Anda merasa haus, dan mulut terasa kering berarti Anda sudah mengalami dehidrasi.

Langkah 3 
Perhatikan apa yang Anda rasa. Bila Anda merasa lelah, lemah, dan pusing, itu artinya cairan di tubuh Anda harus segera ditambah. Dehidrasi yang berat dapat mengakibatkan seseorang kehilangan kesadarannya.

Langkah 4 
Cubit kulit di punggung tangan Anda. Bila kulit segera kembali ke posisinya, berarti Anda tidak mengalami dehidrasi. Namun, bila kulit punggung tangan Anda kembali secara perlahan, atau sulit untuk kembali ke posisinya semula, itu artinya Anda mengalami dehidrasi yang cukup parah dan harus segera mendapatkan penanganan.

Langkah 5 
Lihat mata Anda. Bila mata Anda terlihat cekung berart Anda mengalami dehidrasi dan harus segera ditangani.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons