Friday, September 27, 2013

Pertimbangkan Hal Ini Bila Memilih Asuransi Kesehatan

Masalah kesehatan dan biaya pengobatan saat ini semakin mahal. Beruntung bila Anda bekerja di tempat kerja yang memberikan fasilitas biaya berobat bila Anda sakit. Bahkan ada perusahaan yang juga menanggung kesehatan suami atau 1 orang anak. Namun bagaimana bila Anda telah pensiun?

Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk menyediakan biaya berobat yang tidak murah ini adalah dengan asuransi kesehatan. Sekarang ini makin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan dengan variasi biaya premi dan fasilitas yang disediakan.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti asuransi kesehatan, lebih baik perhatikanlah terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini:

1. Reputasi 
Ada baiknya carilah sumber-sumber yang obyektif untuk menilai perusahaan asuransi yang Anda inginkan. Bisa Anda bertanya kepada teman, saudara, atau mencari tahu reputasi perusahaan asuransi tersebut lewat internet. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Layanan buruk dengan susahnya mengurus klaim asuransi sudah sering terjadi untuk perusahaan-perusahaan asuransi tertentu.

2. Fasilitas 
Bandingkan fasilitas yang diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi. Dengan angka premi yang sama, bandingkan apa yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi? Apakah nilai klaim yang diberikan juga wajar atau tidak?

3. Jaringan 
Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit rujukan yang cukup luas. Pilihlah yang memiliki jaringan tersebar cukup luas atau minimal yang memiliki call center. Sebab, kita tidak tahu kapan dan di mana kita atau keluarga kita jatuh sakit. Dengan jaringan pelayanan yang luas, di mana pun kita sakit, kita akan mendapatkan pelayanan perawatan yang cepat. Kalau sakitnya di Bandung misalnya, kita tak perlu harus dibawa ke Jakarta untuk dirawat di rumah sakit rujukan dari perusahaan asuransi yang kita pilih.

4. Kebutuhan 
Sebaiknya jangan terlalu pelit dalam memilih asuransi dengan pembayaran premi yang rendah. Bila Anda terbiasa atau menginginkan layanan kelas satu, Anda tidak mungkin mendapatkannya dengan hanya membayar premi 100 ribu per bulan. Benar tidak?

5. Pelayanan 
Sebaiknya pilihlah asuransi yang dapat menerima klaim dari mana saja, tidak hanya dari rumah sakit rujukan. Hal ini akan memudahkan kita bila kita berada jauh dari rumah sakit rujukan. Bahkan bila kita akan berobat ke luar negeri pun kita juga mendapatkan layanan klaim.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons