Wednesday, September 11, 2013

Beberapa Hal Penting dan Menarik Seputar Penis

Penis adalah organ penting pada tubuh pria yang sering kali menjadi bahan pembicaraan, bahkan menjadi obyek penelitian dan bahan seminar kesehatan.

Banyak pria yang tidak merasa puas dengan bentuk dan ukuran alat kelaminnya ini. Namun tidak sedikit yang merasa kuatir akan menyakiti pasangannya kelak karena kepunyaan mereka terlalu besar. Dan masih banyak lagi hal seputar alat kelamin pria yang menjadi topik.

Berikut beberapa hal penting dan menarik seputar penis:

Ereksi Saat Tidur 
Umumnya seorang pria akan mengalami ereksi sebanyak 3-5 kali dalam semalam saat ia bermimpi erotis. Hal ini ternyata bisa menjaga bentuk organ genital pria, sebab penis yang tidak mengalami ereksi bisa berisiko kehilangan elastisitas dan menyusut. Karena ini adalah suatu proses fisiologis alami, banyak dokter menanyakan apakah seseorang memiliki ereksi malam hari untuk menentukan penyebab disfungsi ereksi.

Ukuran Rata-Rata Penis 
Menurut Journal of Sexual Medicine pada 2013, rata-rata ukuran penis saat ereksi adalah 14 cm. Fakta lainnya yang ditemukan adalah penis ereksi memiliki ukuran lebih panjang bila diukur setelah seks oral atau penetrasi, dibanding penis yang ereksi karena fantasi.

Penis Melengkung 
Pria tidak perlu khawatir jika memiliki penis yang tidak lurus. Sebab ketika ereksi, penis biasanya justru melengkung seperti buah pisang. Namun beberapa orang biasanya kesulitan melakukan penetrasi jika penis yang dimiliki terlalu melengkung.

Penis Memanjang atau Tetap Saat Ereksi 
Sebenarnya tidak ada ukuran konsisten seberapa bertambahnya penis pada posisi rileks dan ereksi. Dalam penelitian terhadap 80 pria, ditemukan bahwa bertambahnya ukuran penis pada saat rileks dan ereksi sangat bervariasi, mulai dari 0.6 cm sampai 8.89 cm. Hal ini tidak berarti bahwa pria dengan penis yang besar juga memiliki ukuran yang sangat besar pada saat ereksi. Karena mungkin saja terjadi pria dengan penis yang terlihat kecil justru sangat besar pada saat ereksi. Hasil penelitian oleh peneliti seks Alfred Kinsey menunjukkan bahwa penis pria yang pendek saat rileks cenderung mengalami peningkatan panjang dua kali lipat pada saat ereksi.

Ukuran Bisa Jadi Masalah 
Yang terpenting dari penis bukan besar kecilnya, namun kekerasan saat ereksi. Tapi studi pada 2012 yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine menyebutkan bahwa bagi beberapa wanita, ukuran penis bisa jadi masalah. Wanita yang orgasme melalui vagina mengatakan lebih mudah mencapai kepuasan bila pasangannya memiliki penis panjang. Studi di 2013 dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahawa pria dengan kelamin besar lebih menarik bagi wanita ketimbang pria bertubuh tinggi.

Rokok Memperkecil Penis 
Karena mengurangi aliran darah ke penis, merokok bisa memperpendek penis rata-rata hingga 1 cm. Selain itu, juga disebabkan karena rusaknya elastin, yaitu protein jaringan ikat yang elastis dan memungkinkan jaringan dalam tubuh untuk kembali ke bentuk semula setelah mengalami peregangan atau kontraksi.

Penis Dapat Patah 
Walaupun penis tidak memiliki tulang, namun penis dapat menjadi patah, atau dalam medis disebut fraktur penis. Pada saat ini terjadi akan terdengar bunyi sentakan dan penis berubah warna menjadi hitam dan biru, dengan diiringi rasa sakit yang sangat. Fraktur penis biasanya terjadi pada pemuda yang umumnya memiliki ereksi yang sangat kaku. Pencegahan fraktur penis dapat dilakukan dengan menjaga gerakan pada saat melakukan hubungan intim. Gerakan yang sangat cepat pada saat penetrasi dapat mengakibatkan penis menabrak tulang kemaluan pasangannya. Selain itu gerakan wanita yang sangat liar juga cenderung dapat mematahkan penis.

Fakta Kulup 
Permukaan dalam kulup (kulit penis yang disunat) terdiri dari membran mukosa yang mirip dengan yang ditemukan di kelopak mata atau mulut, menjadikannya tempat yang lembab. Menurut beberapa studi, lingkungan yang lembab itu bertanggung jawab dalam peningkatan penularan penyakit menular seksual pada pria yang tak disunat. Fakta lainnya, kulup dapat digunakan sebagai penumbuh kulit baru pada korban luka bakar. Sel dalam kulup kaya akan fibroblas, yaitu sel pembentuk jaringan ikat yang berperan dalam penyembuhan luka. Selain itu, kulup juga dapat dijadikan bahan kosmetik krim anti kerut, karena kulit ini mengandung banyak kolagen.

Grower dan Shower 
Dikenal 2 jenis penis. Pertama adalah jenis yang makin panjang dan besar saat ereksi (disebut grower). Kedua, yang selalu besar (sebelum ereksi) tetapi tidak makin besar saat mengalami ereksi (disebut shower). Artikel di Journal of Urology 1996 menyebut tidak ada cara untuk memprediksi ukuran penis saat ereksi pada saat penis dalam keadaan normal. Studi dalam International Journal of Impotensi tahun 2000 mengatakan saat sedang tegak adalah cara mengukur penis secara keseluruhan yang terbaik.

Kebanyakan Penis Pria Tidak Disunat 
Menurut laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang bekerjasama dengan United Nation Programme on HIV/AIDS (UNAIDS), diperkirakan hanya 30 persen pria berusia diatas 15 tahun yang di sunat. Hampir semua orang Yahudi dan Muslim di dunia telah disunat. Amerika Serikat merupakan negara dengan pria disunat tertinggi dengan alasan non agama. Hampir 75 persen pria non Yahudi dan non Muslim di Amerika telah disunat. Kanada hanya 30 peren, Inggis 20 persen dan Australia 6 persen. WHO dan UNAID telah mengeluarkan rekomendasi untuk sunat pada pria dewasa. Hal ini disebabkan oleh bukti bahwa mereka dengan penis yang disunat memiliki resiko lebih rendah terinfeksi HIV.

Kelainan Penis 
Jarang terjadi, namun ada pria yang punya dua penis. Ini dialami oleh 1 dari 5-6 juta laki-laki, dan dikenal sebagai diphallus. Meski berpenis dua, tak berarti kenikmatannya ikut meningkat. Sebab kedua organ jarang berfungsi penuh dan kerap diikuti anomali lain di area genital yang membutuhkan operasi. Ada juga priapismus, di mana ereksi terjadi berjam-jam. Biasanya disebabkan kegagalan darah untuk kembali dari penis ke seluruh tubuh. Kadang-kadang ditemukan pada pasien anemia sel sabit atau leukemia.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons