Thursday, August 15, 2013

Percaya atau Tidak, 6 Hal Ini Mempengaruhi Kecerdasan Otak

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan otak yang lebih pintar, mulai dari memperhatikan nutrisi yang baik untuk otak, mempelajari metode-metode tertentu, hingga istirahat yang cukup.

Namun percaya atau tidak, ternyata beberapa hal di bawah ini juga dapat mempengaruhi kepintaran otak seseorang.

1. Urutan Lahir 
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa anak sulung memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan saudara-saudaranya. Belum diketahui jelas apa yang menyebabkan hal ini, apakah kondisi pra-kelahiran ibu atau karena efek sosial pasca melahirkan.

2. Kidal 
Tahukah Anda bahwa orang kidal (dominan tangan kiri) lebih cerdas dibandingkan dengan orang dengan dominan tangan kanan.

3. Rambut 
Penelitian yang dilakukan oleh Dr Aikarakudy Alias kepada responden pria menemukan bahwa rambut di tubuh mempunyai hubungan terhadap kecerdasan seseorang. Bertentangan dengan kepercayaan populer, ia menemukan bahwa pria dengan tingkat pendidikan tinggi memiliki lebih banyak rambut di tubuh dibandingkan dengan pria dengan pekerjaan kasar. Dia juga menemukan bahwa siswa yang unggul di kelas lebih 'berambut' dibandingkan siswa yang lain. Tapi belum jelas korelasi antara kedua hal tersebut.

4. Gangguan Bipolar 
Ada yang menganggap bahwa “gila” berbeda tipis dengan jenius. Sebuah penelitian di Swedia membandingkan hubungan antara kinerja siswa dan kesehatan mentalnya di kemudian hari. Ditemukan bahwa di antara para siswa dalam kelompok berkinerja tertinggi, gangguan bipolar menjadi empat kali lebih mungkin berkembang di kemudian hari.

5. Eksentrisitas 
Beberapa bukti menunjukkan bahwa orang dengan intelektual dan kreativitas tinggi rentan terhadap eksentrisitas. Orang yang eksentrik biasanya memiliki perilaku dan pandangan yang tidak umum dan keluar dari norma. Eksentrisitas juga umum di kalangan akademisi.

6. Orgasme 
Penelitian yang dilakukan oleh Barry Komisaruk, seorang ahli syaraf dari Rutgers University, New Jersey mengungkapkan bahwa sensasi yang dirasakan ketika orgasme meningkatkan aktivitas otak ke seluruh organ tubuh, sementara bermain Sudoku atau mengisi teka-teki silang hanya mengaktifkan bagian otak saja. Orgasme juga sudah sering disebut mampu menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Ketika mencapai klimaks, aliran darah ke otak meningkat jumlahnya, sehingga asupan nutrisi dan oksigen ikut bertambah dan meringankan rasa sakit.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons