Thursday, May 2, 2013

Beberapa Fakta Penting Seputar Kolesterol


Kolesterol bagi kebanyakan orang merupakan sesuatu yang menakutkan dan harus dihindari, benarkah demikian?

Kolesterol berasal dari bahasa Yunani, Chole yang berarti empedu, dan Stereo yang berarti padat. Dinamakan seperti itu, karena pada saat ditemukan pertama kali di abad ke-18, kolesterol ditemukan pada batu empedu.

Menurut Wikipedia, kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Kolesterol dalam kadar tertentu bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika tidak dikontrol dan kadarnya berlebihan dalam tubuh, kolesterol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, dan gagal ginjal.

Berikut beberapa fakta penting seputar kolesterol:

Kolesterol Tidak Sama dengan Lemak 
Memang ada kemiripan di antara keduanya, tetapi sebenarnya, keduanya tidaklah sama. Dari struktur kimianya, kolesterol dapat digolongkan ke dalam keluarga lemak. Namun, lemak sendiri tidak hanya berupa kolesterol namun terdiri atas banyak komponen misalnya, lemak yang berasal dari tumbuhan (lemak nabati) bukanlah kolesterol melainkan fitosterol. Karena banyak yang berpikir bahwa kolesterol sama dengan lemak, banyak juga yang berpikir orang gemuk pasti banyak kolesterol dan orang kurus itu sedikit kolesterol. Pandangan tersebut jelas keliru. Ingat, kolesterol termasuk dalam keluarga lemak. Tapi lemak belum tentu semuanya berupa kolesterol.

Kolesterol Ada yang Baik dan Jahat 
Anda pasti pernah mendengar istilah LDL dan HDL. LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein) adalah kendaraan transport yang penting bagi kolesterol. LDL mengangkut koleterol ke jaringan dan arteri (pembuluh darah) dimana kolesterol dapat menyebabkan pemblokiran atau menutup jalan di arteri karena penimbunan kolesterol di arteri. Itu sebabnya LDL disebut juga dengan kolesterol jahat. HDL mengangkut kolesterol dari jaringan kembali ke liver dan mencegah pengendapan kolesterol di arteri. HDL disebut juga dengan kolesterol baik.

Olahraga Dapat Meningkatkan Kolesterol Baik
Olahraga sehari-hari sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak terkecuali jika Anda ingin mengontrol kolesterol. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kepadatan kolesterol baik secara alami.

Anak-Anak Juga Dapat Menderita Penyakit Kolesterol 
Jangan berpikir bahwa penyakit akibat kolesterol hanya dapat diderita oleh orang dewasa. Karena obesitas atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, anak-anak juga dapat memiliki kolesterol tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan medis sedini mungkin dan menjaga pola makan anak.

Beberapa Gejala Akibat Tingginya Kadar Kolesterol Dapat Dilihat oleh Mata
Umumnya, Anda bisa tahu tentang kolesterol tinggi melalui dokter dan pemeriksaan laboratorium. Namun kadar kolesterol yang tinggi juga bisa dilihat mata. Misalnya munculnya banyak benjolan kemerahan di tubuh yang dikenal sebagai xanthomas. Benjolan kemerahan ini disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Kolesterol Rendah Juga Dapat Berdampak Buruk
Kolesterol tinggi memang tidak baik untuk kesehatan, namun kolesterol yang sangat rendah juga tidak baik. Tingkat kolesterol yang turun hingga di bawah 160 mg/dL dapat meningkatkan peluang terjadinya jenis kanker tertentu dan depresi. Karena itu, memiliki tingkat kolesterol yang stabil sangatlah penting.

Kolesterol Meningkat Setelah Menopause
Bagi wanita, ternyata kolesterol berhubungan erat dengan menopause. Sebelum menopause, estrogen membantu menjaga tingkat kolesterol. Tapi setelah siklus menstruasi berakhir, tingkat estrogen menurun sehingga membuat kenaikan tajam kolesterol jahat. Akibat tingkat kolesterol jahat yang meningkat, risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol juga meningkat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons