Friday, April 12, 2013

Obat Kuat dari Meja Dapur


Musim pancaroba yang terjadi karena perubahan musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya kerapkali menimbulkan gangguan kesehatan. Karena itu disarankan agar kita lebih memperhatikan asupan makanan dan minuman untuk menangkal dan mencegah efek dari musim pancaroba terhadap kesehatan.

Untuk hal tersebut, Anda tidak perlu repot mempersiapkan stok vitamin di dalam lemari obat, karena sebenarnya “obat kuat” agar stamina tubuh kita lebih prima dapat kita jumpai di dapur. Apa sajakah itu?

Cabe
Menurut penelitian yang dilakukan di University of Chicago, kandungan vitamin C dan betakaroten pada cabe diklaim lebih tinggi dari mangga dan pepaya. Cabe juga mengandung zat aktif bioflavonoid yang berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung dan sebagai agen anti-kanker. Selain itu, sensasi pedas yang dikeluarkan cabe berasal dari zat kapsaisin yang mampu menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat saraf. Selain itu, kapsaisin juga memiliki kemampuan untuk meluruhkan lendir yang menyumbat ditenggorokan dan hidung.

Lobak
Kandungan betakaroten pada lobak bermanfaat meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan mata. Lobak juga kaya akan vitamin C, asam folat, potasium, vitamain B-6, riboflavin, magnesium, dan kalsium, yang kesemuanya itu mampu mencegah batuk, flu, hingga kanker. Potasium di dalam lobak juga berfungsi untuk mencegah proses dehidrasi.

Bawang
Bawang mengandung zat bernama phytochemical allium dan allicin yang bermanfaat bagi sistem imunitas tubuh. Tim peneliti dari University of Virginia mengetakan bahwa mengkonsumsi satu siung bawang dalam sehari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang juga diketahui memiliki efek anti bakteri dan virus, dan berperan dalam mempertahankan kadar kolesterol sehat (HDL). Selain itu, bawang putih juga dapat berfungsi sebagai dekongestan atau pelega hidung mampet akibat serangan flu serta mengandung antioksidan yang dapat mencegah infeksi radikal bebas.

Jahe
Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang merupakan antioksidan dengan aktivitas tinggi untuk membentengi tubuh dari radikal bebas. Mengkonsumsi minuman jahe saat perubahan cuaca terjadi sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya untuk menangkal gejala masuk angin, meringankan batuk dan flu yang disertai demam.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons