Monday, April 29, 2013

Cedera yang Bisa Terjadi pada Kecelakaan Motor


Belum lama ini kita dikejutkan dengan berita Ustad Jefry meninggal dunia akibat kecelakaan motor di daerah Pondok Indah, Jakarta. Sebenarnya jenis cedera apa sajakah yang mungkin terjadi saat kecelakaan motor dan apa akibatnya jika terlambat ditangani?

Cedera yang terjadi saat kecelakaan motor bisa bermacam-macam, misalnya luka berat akibat benturan. Kondisi lukanya pun tergantung dimana lokasi benturan tersebut terjadi. Jika di kepala, bisa gegar otak atau amnesia. Jika di dada atau perut bisa menimbulkan perdarahan atau luka dalam. Jika di lengan atau kaki akan menimbulkan patah tulang.

Luka dalam adalah luka pada bagian dalam tubuh dan biasanya sulit terdeteksi. Waktu yang dibutuhkan untuk penanganannya pun harus sangat cepat sebab bisa berisiko fatal.

Bila seseorang mengalami benturan pada dada yang mengakibatkan tulang rusuknya patah, akan melukai juga liver dan bagian dalam perutnya. Bila hal ini tidak mendapatkan penanganan yang baik di atas 30 menit akan mengkibatkan kematian. Luka dalam dapat ditandai dengan adanya memar di sekitar tempat trauma, misalnya akan berwarna kebiruan atau bengkak.

Bla mengalami perdarahan dan tidak secepatnya ditangani, maka korban akan mengalami syok, lemas, pingsan, jantung kehilangan darah, dan akhirnya mengalami kematian.

Begitu juga jika korban mengalami gegar otak, biasanya orang tersebut awalnya akan kehilangan kesadaran, dan akhirnya bisa menemui ajal bila tidak segera ditangani.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons