Tuesday, March 26, 2013

Mencegah dan Mengobati Keputihan


Keputihan merupakan suatu keadaan abnormal yang terjadi pada vagina, dimana vagina mengeluarkan cairan kental, berbau, gatal, dan berwarna putih, kuning, hingga kehijauan.

Penyebab keputihan dapat bermacam-macam, mulai dari bakteri, jamur, virus, penyakit tertentu, hingga alergi. Bagaimana cara mencegah dan mengobati keputihan?

Mencegah Keputihan 
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh vagina. 
  • Sering mengganti pembalut saat haid. Pembalut yang basah dan dipakai terlalu lama dapat menjadi sarang kuman atau bibit penyakit. 
  • Menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan dapat menyerap keringat. 
  • Biasakan menggunakan handuk dari depan ke belakang untuk mencegah transfer kuman dari rektum ke vagina. 
  • Membersihkan vagina dengan menggunakan sabun khusus yang dapat mengembalikan kadar keasaman vagina. 
  • Hindari duduk di toilet umum jika tidak terpaksa. Bersihkan vagina setiap mandi dan setelah buang air kecil dengan arah depan ke belakang. 

Mengobati Keputihan 
  1. Keputihan yang masih ringan dapat diobati dengan menggunakan larutan antiseptik khusus pembilas vagina yang dapai dibeli di apotik terdekat. 
  2. Keputihan yang disebabkan oleh alergi dapat diobati dengan menghindari penyebab alergi. 
  3. Keputihan yang disebabkan oleh bibit penyakit membutuhkan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Dokter biasanya meresepkan kombinasi obat sejenis anti jamur, parasit, dan bakteri. Jenis obat yang tersedia ada dua jenis yakni obat yang dimasukkan langsung ke dalam vagina ( suppositoria ) atau jenis obat yang diminum (obat oral). 
  4. Beberapa orang cenderung menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengobati keputihan. Bahkan, ada juga yang mengkonsumsi biji delima untuk mengatasi keputihan. Metode pengobatan keputihan secara tradisional hanya efektif untuk keputihan normal, dimana obat tradisional tersebut berfungsi sebagai antiseptik dan menekan produksi lendir. Namun, daun sirih atau ramuan tradisional lainnya tidak memiliki efek membunuh bakteri, sehinga untuk kasus keputihan pathologis (yang disebabkan oleh kuman, jamur, virus, atau bakteri ) pengobatan tradisional ini tidak dapat mengatasi masalah, sehingga tetap memerlukan terapi obat – obatan agar bakteri tidak terus berkembang.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons