Monday, March 18, 2013

Jangan Simpan Makanan Ini di Dalam Kulkas


Mungkin Anda berpikir bahwa untuk menjaga agar makanan, buah, atau sayuran tetap segar adalah dengan menyimpannya di lemari es atau kulkas. Pendapat Anda tidak salah, namun yang perlu Anda tahu bahwa tidak semua makanan dapat disimpan di kulkas. Berikut beberapa contohnya:

1. Kemangi 
Kemangi justru akan cepat layu bila disimpan di tempat dingin. Lebih baik taruhlah kemangi di atas meja dapur dan rawatlah layaknya Anda merawat bunga. Setangkup kemangi dapat disimpan dalam sebuah cangkir berisi air (ganti airnya setiap sehari atau dua hari sekali) dan jauhkan dari sinar matahari. Bungkus longgar dengan kantong plastik untuk menjaganya tetap lembab (namun pastikan plastik mempunyai lubang untuk jalan masuk udara segar).

2. Kentang 
Kentang baik disimpan pada suhu dingin, namun tidak pada suhu beku seperti di dalam kulkas. Kentang akan bertahan maksimal pada suhu sekitar 7°C. Menyimpan kentang di dalam kulkas juga dapat mengubah zat tepungnya menjadi gula dengan mudah, yang dapat mempengaruhi rasa, tekstur, dan proses kematangannya. Lebih baik masukkan kentang pada kantong kertas dan simpanlah di dalam lemari dapur.

3. Tomat 
Sama halnya dengan kemangi, tomat juga tidak menyukai tempat yang dingin. Menyimpan tomat di dalam kulkas justru akan membuatnya cepat layu. Lebih baik taruhlah tomat di atas meja makan dan nikmati selagi matang dan segar.

4. Alpukat 
Bila Anda membeli alpukat yang belum matang, jangan simpan di dalam kulkas, karena akan memperlambat proses pematangannya. Namun jika Anda membeli yang sudah matang tapi tidak ingin langsung menikmatinya, simpanlah di dalam kulkas untuk mencegahnya cepat busuk. Jadi intinya, simpan alpukat yang belum matang dalam lemari, dan simpan alpukat yang telah matang dalam kulkas apabila buah tersebut tidak akan dimakan saat itu juga.

5. Bawang 
Bawang membutuhan sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab seperti di dalam kulkas. Simpanlah bawang di tempat yang kering namun tidak terlalu panas. Juga jangan simpan bawang di dekat kentang , yang bersifat mengeluarkan gas dan kelembaban, sehingga dapat menyebabkan bawang lebih cepat busuk. Namun tak semua bawang harus diperlakukan sama. Daun bawang dan kucai memiliki kadar air yang tinggi dan lebih mudah busuk, jadi harus disimpan di dalam kulkas.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons