Thursday, February 7, 2013

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

Disamping sehat secara jasmani, pasti setiap orang tua juga mendambakan anak-anaknya juga tumbuh menjadi anak yang cerdas. Namun tidak semua orang tua mengerti apa saja yang bisa mempengaruhi seorang anak tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Berikut beberapa faktornya:

1. Kegiatan Fisik 
Jangan terlalu membatasi anak untuk melakukan kegiatan fisik bersama-sama teman-teman mereka di luar. Namun jangan juga memaksakan anak Anda untuk melakukan kegiatan fisik atau olahraga yang terlalu berat bila dilihat dari usianya.

2. Istirahat 
Biasakan anak untuk mempunyai jadwal tidur yang cukup dan teratur setiap harinya agar otak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

3. Makanan 
Makanan dengan nutrisi yang baik merupakan faktor utama bagi tumbuh dan berkembangnya otak dengan baik. Berikan ASI eksklusif selama 2 tahun, kemudian lanjutkan dengan pemberian makanan bergizi bagi otak mereka.

4. Waktu Belajar 
Biasakan anak untuk belajar sejak dini agar otak mereka terstimulasi dengan optimal. Sediakan permainan-permainan dan buku-buku edukatif agar mereka belajar mengenal huruf, bentuk, atau warna sejak dini.


5. Trauma 
Trauma dapat berupa kehilangan orang yang disayangi, bencana, kecelakaan, kekerasan, ataupun pelecehan seksual. Bila anak Anda mengalaminya, dukung dan dampingi dia agar dirinya terbebas dari trauma. Jika trauma tetap bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda perlu membawanya menemui ahli psikologi agar anak terhindar dari gangguan otak akibat trauma yang kronis.


6. Hubungan Orang Tua 
Ciptakan suasana keluarga yang nyaman dan harmonis di rumah Anda agar anak merasa aman dan disayangi. Hal ini membuat anak lebih percaya diri dan mendukung perkembangan otak yang sehat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons