Thursday, January 24, 2013

Gejala Umum Positif HIV

Penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti hingga saat ini selain kanker karena belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

AIDS sendiri disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang. Dalam satu-dua bulan setelah HIV masuk ke dalam tubuh, 40-90 persen penderitanya mengalami sejumlah gejala umum yang disebut ARS (Acute Retroviral Syndrome).

Berikut beberapa gejala umum yang mengindikasikan seseorang terserang HIV:

1. Mudah Lelah 
Seseorang yang terkena HIV akan merasa mudah sekali lelah karena kekebalan tubuh mulai dikacaukan, bahkan bisa kehabisan nafas hanya karena berjalan.

2. Nyeri otot dan sendi
Nyeri pada persendian, otot, dan kelenjar getah bening yang kebanyakan berada di pangkal paha, ketiak, dan leher.

3. Demam 
Salah satu gejala paling umum dari ARS adalah demam ringan, hingga 102 derajat Fahrenheit. Demam itu biasanya disertai kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan sakit tenggorokan. Pada titik ini, virus mulai bergerak masuk ke dalam aliran darah.

4. Muntah dan diare 
Sebanyak 30-60 persen penderita HIV mengalami gejala ini. Pengidap HIV biasanya mengalami muntah dan diare terus-menerus, namun tidak demikian pada penderita yang kekebalan tubuhnya kuat sejak semula.

5. Ruam pada kulit 
Gejala ini muncul saat seseorang mulai terjangkit HIV, namun untuk beberapa orang justru muncul belakangan. Bentuknya bisa berupa bisul, dan tanda gatal warna merah muda pada beberapa bagian tubuh.

6. Sakit tenggorokan dan sakit kepala 
Salah satu gejala umum terkena HIV adalah sakit tenggorokan dan sakit kepala.

7. Batuk kering 
Jika batuk kering berlangsung selama satu tahun lebih dan makin parah, sedangkan obat batuk tidak bisa menyembuhkannya, patut diwaspadai orang tersebut sudah terserang HIV.

8. Kesemutan 
HIV stadium akhir juga membuat penderitanya mengalami kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki. Hal ini terjadi karena syaraf sudah benar-benar rusak.

9. Herpes 
Herpes di mulut dan bagian genital bisa jadi tanda ARS dan stadium akhir infeksi HIV.

10. Infeksi pada mulut 
HIV bisa ditandai dengan infeksi pada sekitar mulut yang disebabkan oleh jamur. Infeksi itu membuat penderitanya susah menelan saat makan.

11. Berat badan menurun 
Gejala umum penderita HIV adalah berat badan yang menurun signifikan meski sudah banyak makan.

12. Menstruasi tidak teratur 
Pada perempuan penderita HIV, siklus menstruasi biasanya menjadi tidak teratur. Hal ini adalah akibat dari penurunan berat badan.

13. Perubahan pada kuku 
Kuku biasanya mengalami penebalan dan melengkung. Bahkan pada beberapa penderita, kuku mereka berubah warna menjadi kehitaman, dengan garis coklat vertikal maupun horizontal di permukaannya.

14. Berkeringat saat malam 
Separuh dari penderita HIV mengaku berkeringat saat malam hari. Gejala ini umumnya muncul pada tahap awal infeksi. Keringat berlebihan pada malam hari didapat penderita, meski tidak melakukan olahraga.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons