Tuesday, May 29, 2012

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan masalah kesehatan yang pasti setiap orang pernah mengalaminya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari sembelit, intoleransi laktosa, refluks, iritasi usus, hingga diet yang salahpun juga dapat memicu perut kembung.

Pada kebanyakan kasus, perut kembung tidak berbahaya dan umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk. Makan terburu-buru menyebabkan produksi gas usus lebih banyak dari biasanya. Jenis makanan atau minuman tertentu seperti minuman bersoda, kopi, ubi jalar, durian, kubis, bawang, buah mengkal, makanan terlalu berlemak atau terlalu manis dapat menyebabkan perut kembung. Stres dan kecemasan juga bisa mengakibatkan perut kembung.

Perut kembung sebenarnya merupakan pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh, dan dapat menyebabkan sakit perut. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk mengatasi perut kembung.

1. Hindari minuman manis beralkohol
Waspadai mengkonsumsi gula pengganti, seperti sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang cenderung menambah rasa kembung.

2. Mengurangi garam
Utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam. Misalnya, daging segar jauh lebih rendah kandungan garam bila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah.

3. Banyak minum air putih
Kurangnya asupan air akan menyebabkan perut kembung berlebihan. Minum beberapa gelas air putih akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi minuman bersoda sebagai pengganti air.

4. Membatasi makan
Makan dalam porsi kecil tidak hanya berguna dalam membantu usaha penurunan berat badan tetapi juga bisa menjadi cara terbaik untuk melawan perut kembung. Makanlah 4-6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan.

5. Mengurangi susu yang mengandung laktosa
Produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami (laktosa), yang dapat mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan untuk menghindari keju dan yogurt, karena dapat menyebabkan kram perut.

6. Bergerak
Bangkit dari tempat duduk Anda, jika perut terasa kembung. Jangan pernah melewatkan waktu latihan atau olahraga jika perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman. Latihan adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh. Namun, jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius.

3 comments:

armouris said...

terjumpa info ni, juga pasal perut kembung... sharing is caring :) - Masalah Perut Kembung

blogbugar.com said...

Sangat informatif, bagi anda yang ingin menghilangkan kembung dengan beolahraga, silahkan kunjungi www.blogbugar.com, blog khusus kumpulan artikel kebugaran dan kesehatan. Penggemar fitness? mulai dari pemula hingga kawakan layak mampir ke blogbugar.com

wijaya rizky said...

waah ane sring banget ni ngalami perut kembung, aplgi pas puasa hahaha.. thx da info'a yaa
jngn lpa mmpir di blog ane juga yaa ^^

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons