Tuesday, February 28, 2012

Pengobatan Penyakit Jantung Bawaan Anak Tanpa Operasi

Satu dari 100 bayi yang lahir menderita penyakit jantung bawaan (PJB) mulai dari jenis yang ringan sampai yang berat atau kompleks. Penyakit jantung bawaan mempunyai andil besar terhadap tingginya angka kematian bayi di suatu negara.

Tindakan pembedahan selain mempunyai resiko tinggi bagi bayi itu sendiri, juga sangat membutuhkan kelengkapan alat-alat rumah sakit dan tenaga medis yang sangat berpengalaman menangani pembedahan jantung bayi. Tambahan lagi, tindakan operasi akan meninggalkan bekas luka bedah di sekitar dada atau dinding dada.

Namun kemajuan teknologi di bidang kedokteran yang semakin canggih memungkinkan bayi yang menderita PJB tidak perlu lagi harus dioperasi atau dibedah. Tindakan intervensi non-bedah telah banyak dilakukan di beberapa rumah sakit jantung di seluruh dunia.

Saat ini telah ditemukan perangkat yang diberi nama Coils atau Amplatzer Occluder yang dapat digunakan untuk menangani beberapa kelainan jantung pada bayi, seperti PDA (patent ductus arteriosus), ASD (atrial septal defects), dan VSD (ventricular septal defects).

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons