Friday, January 27, 2012

Yang Harus Dilakukan Jika Merasakan Gejala Hendak Pingsan

Pingsan disebabkan oleh berkurangnya tekanan darah yang bersifat sementara dan akan pulih kembali dalam waktu singkat. Pingsan akan berdampak fatal jika benturan yang terjadi akibat jatuh tiba-tiba itu mengenai anggota tubuh yang vital, seperti kepala.

Karena itu perhatikan langkah-langkah berikut jika kepala anda terasa berkunang-kunang dan merasa hendak jatuh pingsan:

1. Jauhi kerumunan
Saat tekanan darah turun, kemampuan darah untuk mendistribusikan oksigen berkurang sehingga gejala akan pingsan akan bertambah parah. Kondisi ini bisa diatasi dengan mencari udara segar, misalnya dengan menghindari kerumunan.

2. Minum air putih yang banyak
Pingsan juga dapat terjadi karena tubuh kekurangan cairan (dehidrasi). Karena itu segeralah minum air putih agar tubuh lebih segar dan darah mendapat tambahan oksigen dari air.

3. Berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi
Pertahankan posisi ini sekitar 10 menit, maka gravitasi akan mendistribusikan kembali tekanan darah yang semula terpusat di kaki dan bagian bawah tubuh. Ketika tekanan darah di kepala dan bagian atas tubuh meningkat, maka gejala akan pingsan biasanya akan segera berkurang.

4. Duduk dan tundukkan kepala
Jika tidak ada tempat untuk berbaring, segeralah duduk dan tundukkan kepala anda untuk membantu jantung memompa darah ke kepala dan tubuh bagian atas dengan lebih mudah.

Pingsan juga dapat berhubungan dengan beberapa penyakit serius, seperti diabetes, anemia, dan jantung. Karena itu segeralah periksakan diri ke dokter jika anda sering merasakan gejala hendak pingsan.




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons